Jumat, 18 Februari 2011

Seri Kuliner di Depok : Bakmi Ayam Lenteng



Lenteng Agung, adalah sebuah kelurahan di utara Kota Depok yang dahulu dikenal sebagai pemukiman etnis Cina dan terdapat banyak kelenteng di sana. Saat ini, di Lenteng Agung tidak terlihat jejak kelenteng itu, atau pecinan. Tapi nuansa Cina masih sedikit tertinggal di situ, salah satunya kuliner yang satu ini.

Di seberang Stasiun KA Lenteng Agung,terdapat bakmi yang uenaakkk banget. Si empunya warung memberi nama : Bakmi Ayam Lenteng (Terasa Sampai ke Hati).

Dalam hati saya, panjang amat namanya. Tapi, kalau agan-agan berkunjung ke sana, dijamin rasa bakmi ayam nya sampai ke ulu hati. Bakmi yang digunakan sebagai bahan dasar bukan bakmi biasa yang dipakai penjual mie ayam atau bakmi yang dipakai penjual indomie.Mie-nya buatan sendiri. Bumbunya meresap banget.

Satu porsi mie biasanya dihidangkan dengan kuah yang diletakkan di mangkok terpisah. Kuahnya juga enak, nggak bikin pusing karena kebanyakan vetsin.

Dari penampakan warungnya memang tidak meyakinkan. Kayak warung abal-abal gitu. Lecek dan kusut. Tapi, yang beli antriannya cukup panjang. Biasanya mereka membungkus mie karena memang lokasinya terlalu kecil untuk makan beramai-ramai.

Ditambah lagi, sambil menunggu datangnya mie, bolehlah agan nyoba cakwe atau kue bantal yang dijual di sebelah warung mie. Bener-bener suasana Cina banget. Penjual mie juga masih etnis Cina / Tionghoa yang mengindikasikan 'jaminan' keaslian citarasa kuliner ini.

Jadi, buat agan-agan yang sedang tidak mengendarai mobil, saya merekomendasikan untuk mencoba mie ayam spesial ini. Kalau naik mobil memang agak repot karena tidak ada tempat parkir yang memadai.



Bakmi ayam Lenteng, ahoyy banget !!

1 komentar:

Imerda Santriana mengatakan...

Bener banget..bakmi lenteng emang the best. menurutku ngga ada mie ayam yang lebih enak dari Mie ayam Lenteng